Mengeksplorasi Situs Candi Jiwa Karawang

Mengeksplorasi Situs Candi Jiwa KarawangKarawang selain dikenal dengan goyang karawangnya dan berubah julukan dari asalnya lumbung padi menjadi lumbung industri rupanya menyimpan banyak sekali potensi wisatanya, mulai dari wisata pantai, curug dan wisata sejarah seperti Situs Candi Jiwa.

Dalam perkembangannya nyatanya Karawang pula memiliki potensi sumberdaya arkeologi yang sangat besar semenjak masa prasejarah, klasik hingga masa Islam berkembang serta tumbuh di Jawa Barat. 2 situ dari masa klasik ialah Batujaya serta Cibuaya, hingga dikala ini paling tidak mempunyai 30 buah posisi yang diprediksi ialah bangunan candi dari masa Kerajaan Tarumanagara hingga Sunda. Satu jumlah yang belum tertandingi oleh wilayah lain di Jawa Barat serta pasti tidak kelewatan bila Karawang menemukan julukan bagaikan Lumbung Candi di Jawa Barat.

Situs Candi Jiwa Karawang

Situs Batujaya secara administratif terletak di 2 daerah desa, ialah Desa Segaran, Kecamatan Batujaya serta Desa Telagajaya, Kecamatan Pakisjaya di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Luas situs Batujaya ini diperkirakan dekat 5 km2. Situs ini terletak di tengah- tengah wilayah pesawahan serta sebagian di dekat pemukiman penduduk serta tidak terletak jauh dari garis tepi laut utara Jawa Barat( tepi laut ujung Karawang). 


Batujaya kurang lebih terletak 6 km dari pesisir utara serta dekat 500 m di utara Citarum. Keberadaan sungai ini mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kondisi situs saat ini sebab tanah di wilayah ini tidak sempat kering sejauh tahun, baik pada masa kemarau ataupun juga pada masa hujan.

Situs Candi Jiwa Karawang

Posisi Wisata Karawang Candi Jiwa, terletak pada koordinat 107: 08: 14, 08- 107: 09: 04, 91 Bujur Timur, serta 06: 05: 21, 86- 06: 06: 30, 31 Lintang Selatan. Candi tersebut, ialah aset ajaran Budha. Sebab, di situs tersebut pada bagian atas kaki candi, ada lapisan bata melingkar wujudnya membulat. Wujud tersebut, diprediksi bagaikan sisa lapisan stupa.

Pada tahun 2005, pemerintah pusat lewat pejabat yang terpaut, menghadiri posisi penggalian situs memiliki itu. Setahun setelah itu, baru diadakan pemugaran hingga saat ini ini. Dikala ini, telah nampak 4 titik candi.

Situs Candi Jiwa Karawang

Di antara lain, Candi Blandongan, Jiwa, Serut serta Pendopo. Dimensi Candi Blandongan, sangat besar ialah 25X25 m. Setelah itu disusul Candi Jiwa, dengan dimensi 19X19 m, Candi Serut diperkirakan ukurannya 12X12 m, serta Candi Pendopo luasnya 5X6 m.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menikmati Keindahan dan Kesejukan di Wisata Bukit Katumbiri Purwakarta

Wisata Sambil Beredukasi di Urban Farming Purwakarta